Sunday, December 6, 2009

Strategi Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar



Seringkali murid tidak memiliki keinginan atau motivasi untuk belajar. Hal inilah yang dapat menyebabkan si murid tidak ingin pergi ke sekolah. Menurut Brophy (1988), problem motivasi paling sulit adalah murid yang apatis, tidak tertarik belajar, atau menjauhkan diri dari pembelajaran di sekolah. Bagi murid-murid ini, berprestasi di sekolah bukan merupakan hal yang penting.







Berikut ini adalah cara-cara untuk mendekati murid yang tidak tertarik untuk belajar:




  1. Kembangkan hubungan positif dengan murid. Cobalah untuk membangun hubungan yang baik dengan murid anda. Karena jika si murid tidak menyukai anda, akan sangat susah untuk mengajaknya belajar. Tetaplah bersikap sabar dan terus bantu dan dorong murid agar dapat mencapai tujuan dari pembelajaran.

  2. Membuat suasana di sekolah menjadi lebih menarik. Anda harus mencari tahu apa yang menarik bagi si murid. Cobalah untuk memasukkan hal yang menarik menurut murid tersebut dalam tugas yang anda berikan baginya.

  3. Ajari mereka strategi untuk membuat belajar menjadi menyenangkan. Cobalah untuk membantu murid anda dengan memberikan pemahaman bahwa dengan belajar dengan kerja keras mereka sendiri merupakan sesuatu yang membanggakan.

  4. Pertimbangkan penggunaan mentor. Anda boleh memikirkan kemungkinan yang dapat dihasilkan dari bantuan mentor ini. Mungkin saja dengan bantuan mentor yang dipercaya atau dihormati, murid dapat tertarik untuk mencoba belajar.


Gambar diambil dari http://www.ehow.com/



Referensi:



Santrock, J. W. (2008). Educational Psychology (3rd ed.). New York: McGraw-Hill.

No comments:

Post a Comment